Hindari Hal Ini Karena Covid-19 Menyebar Lebih Mudah Dari Dugaan Kita

Corona Virus
Corona Virus Covid-19 Menyebar Lebih Mudah

Terkini.id, Masamba – Meskipun banyak pihak yang meragukan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan resminya pada awal Juli lalu telah menyebutkan bahwa virus corona Covid-19 menyebar lebih mudah dari dugaan, yakni bisa menyebar melalui udara.

Hasil laporan resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO) ini didukung oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang juga merelease hasil yang sama bahwa virus corona dapat menyebar melalui partikel kecil yang diproduksi seseorang saat bernafas. Virus di udara paling menular dan mudah menyebar saat seseorang berada dalam jarak dekat dengan orang lain sekitar dua meter.

Selain itu Covid-19 bisa menyebar lewat tetesan pernafasaan saat seseorang yang terinfeksi virus berbicara atau mengalami batuk dan bersin. Partikel-partikel kecil seperti aerosol yang dihasilkan oleh orang yang terinfeksi Covid-19 tersebut ketika batuk, bersin, berbicara, bernyanyi dan atau bernafas.

Partikel-partikel kecil ini bisa terhirup oleh orang lain melalui hidung, mulut, saluran udara dan paru-paru yang dapat memicu infeksi bagi orang lain.

CDC juga menyatakan bahwa partikel seperti aerosol tersebut bisa bertahan di udara dan terhirup oleh orang lain serta bisa menyebar lebih dari jarak dua meter.

Ruangan tertutup tanpa ventilasi yang baik akan berisiko meningkatkan kemungkinan tertular bagi orang lain. Itulah sebabnya disarankan untuk menjaga jarak fisik sekitar dua meter, rajin mencuci tangan, rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan barang/benda serta selalu menggunakan masker saat berakifitas di luar dan berada di sekitar orang lain.

Jika terpapar Covid-19, penderita diharuskan mengisolasi diri di rumah dan menggunakan pembersih udara untuk mengurangi virus yang ada di dalam ruangan.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah merilis laporan yang merinci bagaimana virus corona dapat menular dari satu orang ke orang lain, termasuk penularan melalui udara dan kemungkinan melalui udara di dalam ruangan.

Donald Milton, profesor kesehatan lingkungan di University of Maryland yang mempelajari proses penularan virus, seperti melansir dari Kompas[dot]com, mengatakan, pedoman CDC adalah kemajuan besar. Milton mengatakan, “Saya tergerak melihat CDC memperhatikan dan bergerak dengan sains, buktinya semakin banyak.

Menurut Milton, temuan studi pracetak yang dirilis pada Agustus lalu sebagai informasi tambahan penting untuk virus corona yang berasal dari partikel aerosol yang menyebar lebih dari jarak dua meter.

Dari pernyataan WHO dan CDC dapat kita ketahui bahwa Covid-19 sangat mudah menyebar di udara dan besar kemungkinan kita terpapar meskipun sudah melakukan protokol kesehatan dengan benar, sehingga perlu kehati-hatian dan waspada dengan selalu menggunakan masker yang sesuai standar kesehatan, menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, rajin cuci tangan dan membersihkan permukaan barang, perabot, dan pastikan ruangan tempat beraktifitas memiliki ventilasi udara yang baik.

Jika memungkinkan hindari tempat-tempat umum dengan ruangan ber-AC (tertutup) dan selalu kenakan masker.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Virus Corona Bisa Bertahan Lama, Lindungi Diri Dengan Melakukan 4 Langkah Ini!

Apa Sebenarnya Isi Surat Terbuka Para Tenaga Medis ke Presiden Jokowi?

Mengaku Salah Posting, CDC Perbaharui Panduan Tentang Penularan Virus Corona Covid-19

Banjir Bisa Bikin Anak Trauma? Begini Seharusnya Orang Tua Bersikap

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar