Sarabba, Minuman Penghangat Tubuh Khas Sulawesi Selatan

Sarabba Minuman Sehat
Sarabba Enak Disajikan Hangat

Terkini.id, Masamba –Sarabba memiliki aroma dan rasa khas yang sedikit pedas hingga mampu membuat tubuh terasa hangat dan segar. Aroma khas dengan rasanya yang sedikit pedas ini tidak hanya menggoda lidah untuk segera menyeruputnya tetapi juga bisa menjadi ketagihan.

Hingga saat ini tidak ada yang tahu sejarah asal mula Sarabba ada di daerah ini. Ada yang mengatakan bahwa minuman ini berasal dari arab.Mungkin ada benarnya juga, di mana salah satu kebiasaan penduduk Mekah di mana setiap hari Kamis mereka membawa seluruh keluarganya masuk ke Kota Mekah.

Di sana mereka menginap di hotel, beribadah di Masjid Haram dan berbuka puasa bersama dengan jamaah umrah.Pada saat berbuka, mereka memberikan minuman khas arab yang sangat mirip Sarabba di Makassar dan kurma.

Meski demikian tidak ada literatur yang menyebutkan kapan jenis minuman itu dibawa ke Makassar dan siapa yang membawa atau memperkenalkannya pertama kali.

Yang pasti minuman ini sudah ada sejak lama dan sudah turun temurun dan terkenal sampai ke pelosok desa.

Sarabba mudah kita temui pada saat acara kumpul – kumpul di malam hari. Seperti persiapan melakukan pesta di suatu tempat ataupun yang lainnya.

Sarabba berbeda dengan Bajigur minuman khas masyarakat Sunda Jawa Barat. Meskipun bahan dasarnya sama-sama terdiri dari santan dan gula aren, Bajigur juga diberi tambahan jahe, garam dan bubuk vanili.

Sarabba dibuat dari campuran jahe, gula merah, santan dan sedikit merica. Disajikan dengan pisang goreng dan ubi goreng dengan sambal khas.

Biasanya Sarabba dijual dalam tiga varian diantaranya Sarabba biasa dimana Sarabba ini rasanya masih original tanpa tambahan yang lain. Ada juga Sarabba Telur, dimana saat disajikan diberikan tambahan kuning telur dan yang terakhir adalah Sarabba Susu, dimana Sarabba ini disajikan dengan tambahan susu. Masing-masing varian memiliki citarasa tersendiri.

Manfaat minum Sarabba

Biasanya, masyarakat Makassar minum Sarabba untuk menghangatkan tubuh dan mengembalikan stamina setelah beraktivitas seharian. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan bisa dikatakan tidak ada efek samping.

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar