HMS Universitas Hasanuddin Siap Gelar Seminar Nasional Terkait Isu Pemanasan Global

Seminar Nasional Pemanasan Global
Seminar Nasional Pemanasan Global HMS-FT Univ. Hasanuddin

Terkini.id, Masamba – Indonesia memiliki wilayah pesisir pantai (maritim) yang sangat luas hingga berpotensi paling terdampak isu pemanasan global dan naiknya permukaan laut membuat Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik (HMS-FT) Universitas Hasanuddin Makassar menggagas Seminar Nasional dengan tema Engineering Sea Level Rise Through National Innovation.

Seminar Nasional ini rencana akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Agustus 2020 ini adalah untuk mendapatkan inovasi serta gagasan dari permasalahan tersebut dari lingkup ketekniksipilan, seperti diungkapkan Muh. Rafi Athallah selaku Ketua Panitia.

“Sasaran peserta kegiatan ini yaitu warga HMS, mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia dan umum,” ujar Rafi, Senin, 24 Agustus 2020.

Adapun kegiatan tersebut, kata Rafi, akan mengundang 4 Panelis.

Seminar Nasional HMS FT UH

Panelis pertama, Dr. Syamsidik, S.T, M.T (Koordinator Tsunami Hazard Cluster -TDMRC Universitas Syiah Kuala) dengan topik materi Dampak Kenaikan Muka Air Laut Pada Penataan Kawasan Pesisir dan Penanggulangan Bencana Pantai.

Panelis kedua, Adi Prasetyo, S.T., M.Eng., Ph.D (Kepala Balai Teknik Pantai KementerianPuPR) dengan topik materi Pengamanan Pantai di Indonesia beserta inovasi-inovasi bangunan pengaman pantai yang sudah dikembangkan.

Panelis ketiga, DR. Laely Nurhidayah, S.H., M.H selaku Peneliti Research Center for Society and Culture-LIPI, dengan topik Aspek Hukum dan kebijakan terhadap kenaikan muka air lait di wilayah pesisir

Panelis keempat, DR. Eng. Ir. Rita Tahir Lopa, M.T., PU-SDA selaku Direktur Pusat Kajian Rekayasa Sumber Daya Air Universitas Hasanuddin, dengan topik materi belajar dsri belanda menaklukkan kenaikan muka air laut.

Sementara penanggap, kata Rafi, yakni Andi Subhan Mustari, S.T., M.Eng, DR. Riswal. K, M.T, dan DR. Eng. Mukhsan Putra Hatta, S.T., M.T.

“Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. A. Ildha Dwi Puspita, S.T., M.T,” pungkasnya.

Sumber: Makassar Terkini

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ketua Pemuda Pancasila Lutra, Andi Abdullah Rahim: Generasi Muda Harus Perkuat Nasionalisme dan Kebangsaan

Ketua Apindo Lutra, Andi Abdullah Rahim: Kita Harus Optimis dan Bergandengan Tangan Untuk Bangkit

HUT RI ke 75, Momentum Awal Kebangkitan Masyarakat Maipi Masamba Pasca Banjir Bandang

HUT RI ke-75, Bupati IDP Resmikan Sentra Bisnis Masamba untuk Pelaku UMKM korban Banjir

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar