Begini Syarat Dapat Uang Pecahan Rp75.000 Edisi Khusus Kemerdekaan

uang baru pecahan Rp 75 ribu
Peringati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Bank Indonesia terbitkan uang pecahan Rp 75 ribu

Terkini.id, Masamba – Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan atau UPK khusus untuk memperingati Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dengan nominal Rp 75.000,- dengan cara pendistribusian yang berbeda dan unik, ini berhasil membuat penasaran masyarakat.

Seperti kita ketahui, selama ini jika ada peluncuran uang baru, baik uang kertas maupun uang logam, kita cukup datang ke Bank untuk menukarkannya dengan uang pecahan baru tersebut. Namun mendapatkan uang Rp75.000 tersebut harus memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR Bank Indonesia melalui laman https://pintar.bi.go.id

Peluncuran sendiri dibuka oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Senin 17 Agustus 2020 lalu secara virtual yang dihadiri oleh sejumlah petinggi kementerian dan lembaga hadir menyaksikan.

Dalam acara peluncuran Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pengeluaran uang peringatan kemerdekaan ini adalah sebuah wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka.

“Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Kemerdekaan RI akan dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebanyak 75 juta lembar, uang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku Wakil Pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” kata Sri Mulyani seperti ditulis suaracom, jaringan terkini.id.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, menuturkan uang pecahan Rp75.000 ini dilengkapi unsur teknologi pengaman baru dan bahan kertas yang lebih tahan lama.

Menurut dia sejumlah keunggulan ini dihadirkan agar masyarakat semakin mudah mengenali ciri keaslian rupiah, dan merasa aman dan nyaman ketika menggunakan uang pecahan Rp75 ribu ini, dan sulit dipalsukan.

“Tiap lembar rupiah mengandung identitas dan karakteristik kita sebagai bangsa Indonesia yang harus kita lestarikan dan banggakan,”beber Perry.

Uang Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-75 ini juga dicetak tidak semata-mata untuk merayakan kemerdekaan saja, namun juga memiliki tema filosofis mensyukuri kemerdekaan, merawat kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Ketiga tema filosofis itu dibalut sejumlah gambar, baik di halaman muka maupun halaman belakangnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Benarkah Uang Baru Rp 75.000 Bukan untuk Alat Pembayaran?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar